Produsen adalah orang atau kelompok yang memproduksi barang yang nantinya akan dijual kepada konsumen. Selain konsumen, produsen juga memiliki perilaku-perilaku yang berbeda.
Produksi adalah usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan. Dan orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan disebut produsen. Untuk dapat melakukan kegiatan produksi, seorang produsen membutuhkan faktor – faktor produksi. Terdapat dua macam faktor produksi yaitu faktor produksi asli dan faktor produksi turunan.
Macam – macam Ongkos
1) Biaya Tetap (Fixed Cost : FC) yaitu, merupakan balas jasa dari pada pemakaian faktor produksi tetap (fixed factor
2) Biaya tidak tetap (Variabel cost : VC), yaitu merupakan biaya yang dikeluarkan sebagai balas jasa atas pemakaian variabel factor
3) Biaya Total (Total cost : TC), yaitu merupakan jumlah keseluruhan dari biaya tetap dan biaya tidak tetap.
4) Biaya Rata-rata (Avarage Cost : AC), yaitu merupakan ongkos persatu satuan output; baik untuk biaya rata-rata tetap (avarage fixed cost) dan biaya rata-rata variabel (avarage variable cost) dan rata-rata total (avarage total cost
5) Biaya Marginal (Marginal cost : MC), yaitu merupakan biaya tambahan yang diakibatkan dari penambahan satu-satuan unit output.
6) Biaya Tetap Rata-Rata (Avarage fixed cost : AFC), biaya hasil bagi biaya tetap dengan jumlah yang dihasilkan.
7) Biaya Variabel Rata-Rata (Avarage Variable cost : AVC), diperoleh dengan jalan membagi biaya variabel dengan jumlah produk yang dihasilkan.
Kurva Ongkos
Kurva ongkos dibedakan menjadi :
Ø Ongkos Produksi Jangka Pendek
Dalam ongkos produksi jangka pendek perusahaan sudah mempunyai peralatan-peralatan untuk produksi seperti mesin,gedung dan tanah.Masalah yang perlu diperhatikan adalah masalah kebijaksanaan bahan baku,tenaga kerja dan lain-lain yang merupakan ongkos variabel.Jadi dalam ongkos produksi jangka pendek ini terdapat ongkos tetap dan ongkos variabel.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
AVC minimum bila garis singgung kurva TVC melalui titik origin.
ATC minimum bila garis singgung TC melalui titik origin.
AVC dan ATC minimum bila keduanyamemotong MC
Ongkos Produksi
Jangka Panjang
Dalam ongkos
produksi jangka panjang,perusahaan dapat menambah semua faktor
produksi,Sehingga tidak ada ongkos tetap dalam jangka panjang. Semua
pengeluaran merupakan ongkos variabel. Normal 0 false false false
MicrosoftInternetExplorer4 Dalam analisa ekonomi kapasitas pabrik digambarkan
oleh kurve AC. Kapasitas 1 ditunjukkan oleh ACI,kapasitas 2 ditunjukkan oleh
ACI2 dan kapasitas 3 oleh ACI3, dengan demikian pengusaha mempunyai 3
alternatif kapasitas produksi beserta ongkosnya.
Penerimaan (Revenue)
Penerimaan adalah segala penerimaan produsen dari hasil
penjualan outputnya. Macam-macam dari penerimaan yaitu diantaranya :
1. Total Penerimaan (Total Revenue) yaitu penerimaan dari hasil penjualan.
2. Penerimaan Rata-rata (Avarage Total Revenue) yaitu rata-rata penerimaan dari
per kesatuan produk yang dijual atau yang dihasilkan, dan yang diperoleh dengan
jalan membagi hasil total penerimaan dengan jumlah satuan barang yang dijual.
3. Penerimaan Marginal (Marginal Revenue) yaitu suatu penambahan penerimaan
atas TR sebagai akibat penambahan satu unti output.
Jenis-jenis Penerimaan :
1)
Total penerimaan (Total revenue : TR), yaitu total penerimaan dari hasil
penjualan.
2) Penerimaan rata-rata (Avarage Total revenue: AR), yaitu rata-rata penerimaan
dari per kesatuan produk yang dijual atau yang dihasilkan
3) Penerimaan Marginal (Marginal Revenue : MR), yaitu penambahan penerimaan
atas TR sebagai akibat penambahan satu unit output.
Keuntungan Maximum
a.
Pendekatan Total :
Keuntungan total sama dengan penerimaan (Total Revenue, TR) dikurangi dengan
biaya total (Total Cost, TC). Penerimaan total merupakan perkalian antara
tingkat harga yang terjadi di pasar dengan jumlah ouput yang dihasilkan,
sedangkan biaya total adalah biaya yang dikeluarkan oleh produsen dalam
menghasilkan output. Dalam jangka pendek, biaya dapat dibedakan atas biaya
tetap (fixed cost, FC) dan biaya variabel (variablecost, VC). Biaya tetap
adalah biaya yang tidak tergantung pada besarnya jumlah output yang dihasilkan,
sedangkan biaya variabel adalah biaya yang tergantung kepada besar kecilnya
jumlah output yang dihasilkan.
b. Pendekatan Marjinal
Pendekatan marginal merupakan alternatif dari pendekatan
total. Dalam memproduksi suatu barang dan menawarkannya di pasar, produsen atau
perusahaan harus membandingkan antara biaya marjinal dengan penerimaan
marjinal. Biaya marjinal (marginal cost, MC) adalah tambahan biaya yang harus
dikeluarkan oleh produsen karena menambah memproduksi 1 unit ouput (MC = TCt –
TCt-1 , di mana TC adalah biaya total). Sedangkan penerimaan marjinal (marginal
revenue, MR) adalah tambahan penerimaan karena menambah produksi output 1 unit
(MR = TRt– TRt-1
Pendekatan Rata – rata, P > AC.
Resume :
Biaya : segala yang berhubungan dengan hasil yang diharapkan diwaktu yang akan
datang Macam – macam biaya : biaya tetap, biaya variabel, biaya total, biaya
rata – rata, biaya marginal.
Penerimaan : Segala penerimaan produsen dari hasil penjualan outputnya.
Pendekatan dalam mencari keuntungan maksimal :
Pendekatan total, mencari selisih antara TR dengan TC.
Pendekatan Marginal, MR = MC.
Pendekatan Rata –
rata, P > AC
refrensi :
http://meinentwerfen.blogspot.com/2013/03/ongkos-dan-penerimaan-soft-skill-6-7.html
http://meinentwerfen.blogspot.com/2013/03/perilaku-produsen-soft-skill-5.html
google.com
http://dhiazaditya0606.wordpress.com/category/softskill/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar